Highlight

Lagi-lagi ada kesempatan dan tiket murah dari Jetstar, kita langsung ambil tiket pulang pergi. Masalah visa nantilah kalau sudah dekat. Jadi tiket ini kita ambil jauh-jauh hari. Sebelumnya belum pernah pergi ke Amerika juga jadi ini akan menjadi liburan yang ditunggu-tunggu.

Negara bagian pertama yang akan kita kunjungi selama di Amerika adalah pulau Oahu yang tepatnya berada di Kepulauan Hawaii. Katanya kepulauan Hawaii adalah salah satu pulau yang terpencil didunia karena letaknya yang jauh dengan pulau sekitarnya bahkan ke Los Angeles (state terdekat dari mainland) butuh waktu sekitar 5-6 jam dipesawat.

Kepulauan Hawaii memiliki 8 pulau utama dari 137 total pulaunya. Delapan pulau utamanya yaitu The big island, Maui, Oahu, Moloka’i, Lana’i, kaho’olawe, Kaua’i dan Ni’ihau. Namun dari kedelapan pulau utama, hanya 6 pulau yang dapat dikunjungi. Keenam pulau ini juga menawarkan berbagai keunikan yang membuat kalian akan kesulitan menentukan pulau mana yang pengen dikunjungi heheh.

Secara singkat, Kepulauan Hawaii ini ditemukan oleh pengembara Polinesia lebih dari 1500 tahun yang lalu yang mempelajari dan mengikuti bintang sebagai petunjuk mereka. Kemudian Industri perkebunan nanas dan gula yang masuk ke pulau ini membawa berbagai kebudayaan ke pulau Hawaii dan menarik investasi asing. Sejarah panjang Hawaii yang kompleks tentang konsep kepemilikan tanah dan sebagainya, membuat monarki Hawaii digulingkan pada tahun 1893. Kemudian di tahun 1898, Amerika menggabungkan Hawaii yang kemudian menjadi negara bagian ke 50 Amerika di tahun 1959. Di pusat kota pulau Oahu terdapat ‘Lolani Palace’ yang merupakan peninggalan bersejarah Kerajaan Hawai.

Terlepas dari sejarah panjang ini, kini baik penduduk asli dan pendatang membuat pulau ini menjadi tempat yang ramah dan menyenangkan untuk didatangi. Selain mengunjungi pantai dan menikmati panorama Hawaii yang menakjupkan, aku juga berkunjung ke tempat-tempat yang bersejarah dan melihat kegiatan kebudayaan saat berkunjung untuk mengenal lebih jauh tentang tradisi mereka.

Terdapat tiga area utama di Oahu yaitu Waikiki, Ko Olina dan North Shore. Waikiki adalah area yang paling banyak ditempati turis karena sudah bagus untuk akses kemana-mana seperti dekat pantai, pusat perbelanjaan, transportasi umum dan sebagainya. Itu kenapa kita memilih tinggal didaerah ini.

Hawaii tentunya menggunakan mata uang US Dollar (US$). Kita dapat menggunakan credit card untuk bertransaksi namun sediakan juga uang tunai untuk naik public bus, food truck, tip dll.

Kedatangan

Kita berangkat dari Bandara Internasional Sydney tanggal 22 Agustus 2022, Australia sekitar jam 4.30 sore menggunakan pesawat budget Jetstar Boeing 787 Dreamliner. Perjalanan udara yang kita tempuh kira-kira 9.5 jam untuk tiba di Bandara Internasional Honolulu, Hawai (Daniel K, Inouye International Airport). Kita ambil yang kelas ekonomi dengan harga A$ 691 atau sekitar 7 juta Rupiah. Namanya juga pesawat yang ramah dikantong, jadi harga tiket yang kita beli belum termasuk tambahan fasilitas lainnya seperti kalau mau nonton movie, makan, minum dan lainnya. Kita sempat beli makan online lebih murah sedikit daripada beli saat terbang.

Setelah perjalanan panjang pertama saya naik pesawat, dimana saya biasanya tidur akhirnya kita tiba di Bandara Honolulu jam 6 pagi di tanggal yang sama. Mari kita mengulang aktivitas pagi kita di tanggal yang sama. Jadi ada perbedaan waktu sekitar 18 jam lebih lambat dengan Manado, Indonesia dan 20 Jam dengan Sydney.

Sampai di terminal kedatangan, kita melewati imigrasi dan sempat ditanya beberapa pertanyaan seperti ke kota mana saja kita akan travel di USA, berapa lama, apa kita punya teman atau saudara, dan apa kita bawa makanan / bibit/ tanaman dll. Karena kita ngomong kalau kita bawa bibit dari Aus, bibit kita ditahan karena tidak punya surat izin apa gitu dari negara asal. Padahal bibitnya mau dikasih oleh-oleh ke saudara suami di Austin. ya sudahlah.

Dari bandara ada berbagai transportasi yang kalian bisa pilih untuk ke tempat tinggal kalian tergantung kebutuhan atau keinginan kalian. Seperti bus umum (alternatif paling murah), shuttle bus/minivan (bisa dipertimbangkan kalau kalian trip sendiri atau berdua, biayanya mulai dari $15/orang), taxi online lyft atau uber, taxi, dan sebagainya. Dari segi waktu, kenyamanan dan biaya, akhirnya kita memilih taxi online Uber ke tempat penginapan kita dengan biaya USD 30.92 (biaya kita bagi rata karena kita travel bertiga). Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam karena macet hampir sepanjang perjalanan (kalau tidak macet sekitar 25 menit saja).

tip: pastikan kalian punya waktu yang cukup kalau ke bandara karena jalanan macet supaya tidak ketinggalan pesawat.

Musim

Berdasarkan lokasi geografisnya, kepulauan Hawaii ini umunya hangat disepanjang tahun. Ada beberapa hal yang aku juga sering pertimbangkan dan membantu merencakanan perjalanan kita ke Hawaii yaitu:

  • Liburan musim panas merupakan musim yang paling rame (peak season) yaitu sekitar bulan May Juni dan Agustus. Dan musim winter di bulan Desember Januari dan Maret. Di musim ini tentunya harga akan naik dan akan sangat ramai. Apalagi kalau kalian yang akan tinggal di area Waikiki, beli makanan aja akan antri panjang. Jadi kalau kalian mau liburan musim panas pada bulan ini pastikan rencanakan dengan baik perjalanan kalian. Sedangkan untuk musim low-season itu berada di sekitar bulan September, oktober, dan awal desember juga bulan Maret sampai Mei. Di bulan ini juga, anak sekolah udah masuk sekolah dan universitas. Kita datang di akhir musim panas dan anak sekolah baru masuk. Walaupun masih agak panas namun sering berasa angin sepoi-sepoi pas jalan-jalan keliling kota.
  • Terdapat libur tanggal merah dan yang bertepatan dengan libur akhir pekan yang membuat lonjakan harga akomodasi, sewa mobil, atau paket tur. Pastikan kalau datang bertepatan dengan tanggal tersebut, booking beberapa bulan sebelum dan rencanakan dengan baik.
  • Event tahunan yang diselanggarakan dipulau ini yaitu Aloha festival, Honolulu Marathon, Made in Hawaii, Van triple crown of surfing, the Eddie, Moloka’i, the Merrie Monarch festival, dan Waikiki spam jam. Pastikan kalau kalian tidak mau harga melonjak dan keramaian, hindari datang pada saat acara tahunan ini diselenggarakan.
  • Kalau kalian mau lihat Humpback Whale (Ikan Paus Bungkuk), datang pas musimnya yaitu di bulan Desember sampai Februari. Dimana pada awal bulan Oktober sampai Mei, ikan paus ini akan bermigrasi ke perairan yang lebih hangat di lepas pantai Hawaii.
  • Bagi kalian yang senang berselancar, kalian akan sangat menikmati biasanya di musim dingin sekitar akhir November sampai awal Februari dimana ombaknya yang sangat besar. Pulau Oahu di bagian utara yang dikenal sebagai ‘Oahu North Shore’ merupakan area yang terkenal di Hawaii untuk berselancar. Sedangkan bagi kalian yang masih belajar, area Waikiki bisa menjadi pilihan.
  • Di Hawaii juga memiliki musim hujan dan kering. Musim kering biasanya di bulan April sampai Oktober. Namun karena Hawaii merupakan daerah tropis jadi hujan bisa saja turun disepanjang tahun. Sedangkan musim hujan biasanya dibulan November sampai Maret.

Penginapan

Selama liburan di Hawaii, kita tinggal di dua tempat yaitu pas awal kedatangan US trip 2022 kita tinggal di hostel dan di apartemen sebelum kembali ke Sydney. Secara keseluruhan memang agak susah cari akomodasi private yang murah di Amerika namun di Hawaii, harga akomodasi itu fantastis apalagi kalau ditambah biaya plus-plus nya seperti resort fee. Anw, untuk lebih lengkap aku nulis pengalaman menginap aku di kedua tempat, link nya aku selipin di tulisan ini. Saat tinggal di hostel, kita ambil private room, dua tempat tidur untuk tiga orang dan kamar mandi bersama, sharing dengan 4 orang lainnya, harganya USD 115 permalam atau 1.7 Juta rupiah.

Transportasi

Sewa mobil merupakan pilihan yang paling efektif dan cepat kalau mau berkeliling pulau, apalagi kalau kalian tidak mempunyai banyak waktu dan pengen ke beberapa tempat diluar daerah Waikiki. Ada beberapa tempat juga yang tidak bisa dijangkau hanya dengan bus umum. Harga sewa yang sempat kita cek sekitar sejutaan per hari. Selain itu ada biaya lainnya yang perlu kalian pikirkan (harga bensin, parkir, dan sebagainya). Harga bensin juga disini yang paling mahal di USA sekitar $3 per gallon (atau 3.785 liter). Biaya parkir juga mahal di daerah ini dan bahkan beberapa resort / hotel charge biaya parkir $60 per hari. Disamping biaya, daerah Waikiki slot parkirnya terbatas karena banyaknya mobil di area ini.

Tip: kalau kalian sewa mobil, tempat isi bensin di cosco yang paling murah. Namun memang butuh kartu cosco untuk bisa isi bensin, dimana kartu ini didapat kalau bayar keanggotaan setahun.

Transportasi Umum, TheBus. Alternatif yang paling murah untuk bepergian di pulau ini adalah bus umum, namanya TheBus. Selama kita disini, tepat sekali bus ini gratis untuk pertama kalinya hanya untuk 5 hari kerja dari hari Senin 22 sampai Jumat 26 Agustus 2022. Karena minggu itu merupakan minggu pertama anak sekolah dan mahasiswa masuk sekolah/Universitas, diharapkan supaya mereka lebih banyak menggunakan bus untuk meringkankan kemacetan. Untuk menggunakan bus ini, kita hanya perlu mengambil kartu transportasi namanya Holo (gratis) di salah satunya ABC stores (minimarket seperti 7-11 yang kalian akan banyak temukan). Kartunya pun bisa diisi ulang. Karena gratis, selama kita disini kita tidak sewa mobil jadinya kemana-mana naik bus. Kalau tidak, untuk tiket harian harganya $5.5 per hari dan $2.75 sekali jalan. Bus ini punya AC yang begitu dingin dan bus ini bisa kemana saja ke banyak tempat di pulau ini. Namun tidak disarankan bagi mereka yang pengen pergi ke banyak tempat dengan waktu singkat apalagi dengan jarak yang jauh karena bus jalannya pelan dan waktu tunggu bus agak lama kalau diluar area turis. Bus nya lewat hanya perjam gitu jadi kalau kalian ketinggalan bus kalian harus nunggu lagi sejam kemudian. Untuk lihat waktu tunggu atau kapan busnya lewat, tinggal pakai google maps saja karena mereka tidak punya aplikasi tertentu untuk itu.

Taxi online Uber atau Lyft. Walaupun kita bisa pakai bus umum untuk ke Bandara, namun karena kita bawa koper yang berukuran besar dan kita juga bertiga jadi kita putuskan naik Lyft. Harga Lyft juga lebih murah dibandingkan Uber dengan tarif $30 dari dan $35 ke bandara. Saat ke bandara kita bahkan dapat mobil Tesla yang mengantarkan kita.

Hari Pertama

Hari ini kita tiba di Hawaii agak awal sekitar jam 8 pagi sampai hostel untuk nitip barang. Jadi kali ini kita hanya jalan-jalan santai sekitar hostel dan makan. Kita ke Mcd untuk makan pagi. Kalau lagi travel ke negara yang baru kita senang ke Mcd paling tidak sekali karena biasanya mereka punya menu spesial yang hanya ada di negara atau kota tersebut. Aku pesan breakfast platters dan fried taro pies. Untuk breakfast platter nya kita dapat nasi, telur orak arik, sosis portugis, spam, dan sasetan soy sauce sebagai sausnya. Kalau dikebanyakan negara barat makannya pakai saus tomat kalau di Hawaii pake soy sauce heheh. Kalau kita makan pake sambal, iyah ngak (hehhe).

Fun fact:

  • Masnyarakat lokal Hawaii makan paling banyak spam di dunia, karena memang spam disini sepopuler itu dikalangan lokal.
  • Gampang banget nyari nasi disini, karena nasi merupakan salah satu makanan pokok disini
  • Lebih dari 14% masyarakat lokal Hawaii punya turunan Jepang. Itu kenapa banyak makanan lokal yang ditemui di Hawaii seperti makanan Jepang dan banyak tulisan kanji Jepang dimana-mana (menu restoran, bandara, toilet, transportasi publik, supermarket, dll).

Kuhio Beach Park

Pantai Kuhio ini dekat banget dari hostel kita nginap, hanya jalan kaki 5 menit langsung bisa menikmati pemandangan ini. Kita sangat menikmati jalan-jalan kita, tempat pejalan kakinya luas, banyak tempat duduk, taman, dan cuacanya pas hangat berangin sejuk. Lumayan banyak orang juga. Walaupun banyak juga homeless namun sejauh yang aku lihat tidak sebanyak Los Angeles.

International Market Place

Salah satu tempat belanja yang sering kita lewati kalau lagi jalan-jalan sekitar hostel. Tempat belanja semi outdoor dengan suasana hutan gitu.

Royal Hawaiian Center

Disini juga tempat belanja dan ada banyak pilihan tempat makannya. Kita numpang lewat saja yah sekalian eye shopping.

Waktunya makan siang, kita cobain salah satu makanan Hawaii di Sam’s kitchen. Aku pesan Ahi poke dengan nasi $12. Ini salah satu menu yang populer disini. Katanya tuna (‘ahi’ dalam bahasa Hawaii) disini fresh dan enak. Kalian bisa milih tunanya mentah ataupun di sear / dimasak.

FYI:

  • Harga makanan yang tertera di menu belum termasuk pajak. Jadi kalau mau bayar pasti total harga yang kita bayar berbeda.
  • Budaya tip. Jangan lupa meninggalkan uang tip kalau kalian makan di restoran atau rumah makan. Biasanya saat waiter nya bawakan kita bills makanan kita, ada isian untuk nominal tip yang kita berikan. Bahkan dibanyak tempat, sudah ada pilihan tip yang telah dihitung sendiri oleh sistem registernya, jadi kita tinggal pilih saja berapa dollar tip yang kita pilih. Kalau kalian pesan dan bayar makanan lewat konter pakai kartu debit atau kredit, biasanya ada pilihan untuk berapa % dan dalam $ tip yang mau kalian kasih.
  • Kecuali makan di restoran cepat saji, kita tidak diwajibkan untuk memberikan tip namun bisa dengan sukarela kalau ada kotak tip di konternya.
Ahi Poke over rice $12

Setelah makan siang kita singgah di ABC stores untuk ambil kartu transportasi Holo supaya bisa naik bus gratis karena lagi promosi. Kartunya juga bisa diisi ulang dan tinggal di tap saja kalau mau pakai transportasi umum di Hawaii. Supermarket ini ada dimana-mana dan jual apa saja tergantung seberapa besar tokonya. Biasanya kalau yang lengkap bisa sampai jual makanan panas atau dingin yang siap dimakan dan macam-macam jualannya.

Hari Kedua

Sebenarnya masih agak jetlag, kepala agak pusing-pusing dikit karena masih tidak bisa tidur dimalam hari. Namun supaya terbiasa, aku berusaha untuk jalan-jalan dari pagi namun santai. Jadi hari ini kita mau ke arah pantai pantai. Karena busnya masih agak lama datangnya, kita singgah beli croissant isi pisang dan coklat leleh untuk makan pagi di Kona Coffee Purveyors. Antrian panjang nggak pernah bohong yah, croissant nya enak banget dan fresh, crispy dan flaky kulitnya. Nggak nyesal ngantri sampai 30 menit padahal awalnya cuman nemenin teman gw yang beli iced coffee. Kopi merek Kona adalah biji kopi arabika yang berasal dari Hawaii. Kopi Kona ini juga merupakan salah satu biji kopi yang paling mahal di dunia karena lokasi pertanian yang hanya ada di daerah Hualailai dan Mauna Loa di pulau Big island, Hawaii dan proses produksinya. Kopi pada umumnya ditanam di ketinggian 4k kaki sedangkan kopi kona ditanam lebih rendah dan ditanam didaerah yang tidak biasa yaitu lereng gunung berapi. Cobain kopinya ada rasa manisnya, fruity dan sedikit nutty. Pokoknya rekomendasi cafe untuk pastries dan kopinya.

Antrian pagi hari di Kona Coffee Purveyors
almond croissant isian pisang dan coklat dari cafe Kona Coffee Purveyors (Kona Coffee, merek kopi lokal)

Kita naik bus gratis selama 1.5 jam ke Waimanalo Beach Park untuk ke pantai. Pantainya tidak terlalu ramai seperti pantai-pantai Hawaii pada umumnya yang ramai. Pantainya juga cocok untuk yang berenang atau kayaking karena ombaknya tidak sebesar ombak yang ada dipantai bagian utara ataupun daerah Waikiki di pulau Oahu ini.

Setelah puas main air dan menikmati angin sepoi-sepoi, kita menuju spot selanjutnya yaitu Makapu’u lookout. Busnya lewat sejam sekali dan berhenti di banyak tempat. Masih bertemakan pantai, kita jalan-jalan berkeliling dari satu pantai ke pantai yang lain.

Setelah itu, kita balik ke Waikiki untuk makan siang. Masih penasaran mau nyobaiin makanan khas Hawaii, kita makan di salah satu tempat makan di Foodcourt di mall Ala Moana. Aku bisa pesan nasi dan dua pilihan lauk, jadi aku ambil yang lau-lau pork dan kahlua pork. Lau-lau pork itu adalah daging babi yang dibungkus dengan daun taro yang kemudian dimasak lama (slow cook). Biasanya lau-lau ini pakai ikan cuman bisa diganti dengan berbagai macam daging. Sedangkan kahlua pork itu seperti babi suir atau pulled pork. Makanannya mengingatkan makanan di Indonesia.

lau-lau pork, kahlua pork, rice

Hari Ketiga

Kita makan di Denny’s Diner untuk makan pagi. Restoran waralaba bergaya American Dining ini banyak tersebar diseluruh Amerika dan biasanya buka 24 jam. Karena penasaran mau nyobaiin, aku pesan Santa fe sizzlin’ skillet $13.39. Makanannya enak yummy.

Setelah makan pagi, lanjut naik bus gratis lagi ke Pearl Harbour. Kalau kalian senang sejarah, tempat ini merupakan tempat bersejarah yang paling populer dikunjungi turis di pulau Oahu, Hawaii. Tempat ini itu pangkalan Angkatan Laut Amerika dan markas besar armada pasifiknya AS. Disini dulu, tepatnya 7 Desember 1941 dibombardir dengan serangan dadakan dari Jepang. Dalam waktu dua jam saja dengan serangan yang beruntun, banyak banget kapal perang AS yang tenggelam ataupun rusak yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Hal ini menjadi salah satu momentum yang bersejarah bagi militer AS dan menjadi pemicu keterlibatan AS di perang dunia II.

Sekarang Pearl Harbour tetap menjadi pangkalan militer AS yang masih aktif dan bahkan menjadi landmark nasional yang bersejarah. Tiket masuk ke kawasan Pearl Harbour ini gratis, namun kalau kita mau ikut tur atau aktivitas yang ditawarkan kita harus bayar. Untuk masuk ke kawasan ini juga, kita harus menitipkan tas ransel kita, $6 ditambah $pajak, karena dilarang bawa masuk untuk berbagai macam tas, koper, dan kamera yang besar. Setelah nitip barang, kita berkeliling dan masuk ke museum untuk belajar tentang serangan dadakan Jepang di Pearl Harbour dan seberapa besar kekuatan kekuasaan AS dan Jepang zaman dulu. Kapal perang USS Arizona yang tenggelam akibat perang pun masih ada dibawah laut. Kalau kalian mau melihat lebih dekat bangkai kapal ini, kalian bisa ikut tur ke USS Arizona memorial ($1/ orang). Namun untuk bisa kesini, kalian harus booking online dulu. Untuk ke USS Arizona memorialnya kita akan dibawa menggunakan Ferry dengan kapasitas 145 orang sekali jalan selama 8 menit, beroperasi setiap hari dari jam 8 pagi sampai 3.30 sore. Setelah sampai di memorial ini kalian akan lihat banyak banget nama-nama tentara yang gugur dan 30 tentara yang berhasil selamat.

Pilihan aktivitas lainnya, kalian bisa ke Bownfin, the Aviation museum, ataupun battleship missouri, kalian harus booking online secara terpisah.

Kalau kalian lapar atau haus selama disini, ada toko kecil didalam area ini dan ada vending machine untuk minuman soda. Namun memang snack dan makanannya terbatas seperti sandwich dingin, ice cream, coklat, dll. Tersedia juga tempat untuk beli oleh-oleh atau sovenir disini.

Jalan pulang, kita naik bus gratis lagi singgah ke pusat kota (downtown) cari makan siang. Kita makan burger isi ayam goreng, kentang goreng, dan soda satu paket harganya Usd 11.29 di Popeyes Louisiana kitchen, restoran cepat saji yang populer juga di Amerika. Ayam gorengnya enak, cuman memang kentang gorengnya waktu itu kurang gurih mungkin kita datang disaat yang tidak tepat ehehe.

Setelah makan, kita berkunjung lolani palace dan numang lewat di patung raja Kamehameha I sebelum akhirnya balik ke hotel. Nama rajanya koq langsung keingat Dragon ball yah, jurus andalan Sun Goku.

Lolani palace ini adalah istana kerajaan satu-satunya yang dimiliki Amerika, yang dibangun pada tahun 1879. Dan kemudian istana ini mengalami pemugaran sebagai museum pada tahun 1960 an. Di dalamnya terdapat berbagai peninggalan Kerajaan Hawaii. Namun sayang sekali waktu itu tur museumnya lagi tidak jalan. Sedangkan Raja Kamehameha I merupakan salah satu tokoh yang paling terkenal dalam sejarah pulau Hawaii. Bagaimana tidak, raja ini menyatukan Kepulauan Hawaii dalam perdamaian wilayah pada tahun 1810.

Patung King Kamehameha I

Malamnya, kita makan bareng sepupu suami yang juga liburan di Hawaii di restoran Hideout, dekat tempat tinggal di daerah waikiki. Cuman jalan saja sekitar 7 menitan. Restorannya di rooftop gitu dan ada live music nya. Kayaknya ini restoran paling fancy yang kita kunjungi selama trip ke Amerika, oops, karena memang bukan kita yang pilih yah. Sekali-kali menyenangkan diri sendiri, makan makanan enak.