Libur kerja dan suami kerja dari rumah, kita memutuskan untuk liburan singkat tiga hari dua malam di area dekat pantai. Kita berkendara pakai mobil pribadi dari rumah kita ke daerah Shoalhaven yang berada di South Coast, New South Wales, Australia selama 2.5 jam.

Lalu kita menginap di Badgee Caravan Park karena bisa bawa anjing. Di tempat ini terdapat berbagai jenis akomodasi seperti cabin (seperti cottage gitu), van yang diubah seperti studio gitu, sewa area untuk camping, dan sewa area untuk RV atau campervan. Kita menyewa on site van yang harga permalamnya itu AUD 88. Didalam van yang seperti studio itu terdapat tempat tidur, kulkas kecil, dapur kecil dilengkapi dengan peralatan makan minum, toaster, kettle buat air panas, kopi teh, perlengkapan cuci piring, sofa, meja makan, kipas angin, dan pemanas ruangan. Namun kita perlu bawa sendiri seprei dan selimut karena tidak tersedia.

Kita juga bisa menggunakan fasilitas umum yang ada di caravan park ini yaitu dapur, area makan atau common area, mesin cuci baju, mesin pengering, toilet, dan tempat mandi. Di dapurnya juga dilengkapi dengan oven kecil, peralatan BBQ, kompor listrik, kulkas, dan dilengkapi dengan peralatan makan dan masak.

Common area dan ruang makan
Dapur umum lengkap dengan peralatan masak dan makan

Dibelakang caravan park ini juga terdapat danau dan tempat pemberhentian kapal kecil yang biasanya milik pribadi. Ada juga tamannya dan jalur untuk jalan atau lari pagi. Fasilitas dan area caravan park ini sangat bersih. Seperti airbnb, sebelum check out kita diharuskan untuk membersihkan van yang kita tinggali seperti membuang sampah, lap area dapur kecil dan meja makan juga menyapu lantai. Kita tinggal di van yang paling murah jadi memang ukurannya lumayan kecil namun kami sangat menikmati tinggal di caravan park ini karena fasilitasya yang bersih dan lengkap dengan peralatan yang kita butuhkan. Proses check in dan check out juga mudah dan efisien. Pemiliknya Jenny juga sangat ramah. Pastinya kami akan kembali dan merekomendasikan tempat ini.

Orang Australia suka banget pantai, di hari libur panjang atau akhir pekan biasanya mereka yang tinggal dan bekerja di daerah kota yang agak jauh dari pantai akan ke area pantai untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Bahkan banyak keluarga yang membeli rumah liburan yang dekat pantai dan hanya ditempati saat mereka libur.

Hari ke dua

Setelah makan pagi, kita pergi jalan pagi di danau dan bersantai di caravan park sambil menunggu suami selesai kerja online. Untuk makan siang dan malam kita bawa makanan dari rumah yang sudah dimasak terlebih dahulu jadi tinggal dipanaskan di microwave kalau mau makan.

Setelah suami selesai kerja kita pergi menikmati sunset dan jalan sore di pantai Hyams, yang dikenal sebagai pantai dengan pasir yang paling putih di Australia. Pantai ini hanya 3 jam berkendara dari Sydney dan 2.5 jam dari Canberra. Di pantai ini juga bisa bawa anjing namun harus dipakaikan leash nya. Pantainya sangat bersih dan masih termasuk sepi pengunjung. Kayaknya pantai ini merupakan yang terbaik yang pernah aku datangi. Pantai ini masih berada di kawasan Taman Nasional Jervis Bay dimana terdapat jalur White Sands walk yang menghubungkan pantai Hyams ini dengan Greenfield yang ditempuh kira-kira 30 menit pulang pergi. Jalur jalan kaki ini salah satu yang populer yang kalian bisa lewati untuk menikmati keindahan pantai dan gelombang laut. Selain itu masih banyak lagi aktivitas yang kalian bisa lakukan di pantai-pantai yang berada di sekitar Taman Nasional Jervis Bay seperti picnic, bbq, kayak, padleboarding, bersepeda, dan sebagainya.

Makan malamnya, kita beli fish and chips, pizza keju, dan gorengan calamari (harganya AUD 20) di salah satu tempat makan dekat caravan park. Salah satu makanan favorit orang Australia kalau ke pantai.

Hari Terakhir

Setelah check out, kita ke pantai Huskisson untuk makan siang. Kita bawa bekal nasi goreng sosis yang sudah kita panaskan di caravan park sebelum check out. Setelah itu kita main-main lagi di pantai. Pantai ini juga bisa bawa anjing. Tidak semua pantai di Australia bisa bawa anjing. Jadi aku selalu cek online dulu atau lihat sign nya di pantainya. Pantainya cantik juga namun memang jauh lebih ramai karena lokasi pantai yang dekat dengan ‘town center’ dimana terdapat pilihan tempat penginapan lokal, cafe, restoran, supermarket, dan sebagainya.

Huskisson Beach
sand bar